Lembar Kerja Evaluasi (LKE) Zona Integritas (ZI)

PENILAIAN BOBOT JAWABAN NILAI % DOKUMEN
A PROSES
I MANAJEMEN PERUBAHAN(5) 5.0
1 Tim Kerja(1) 1.0
a  Apakah unit kerja telah membentuk  tim untuk melakukan pembangunan zona integritas Link
b Apakah penentuan anggota tim selain pimpinan dipilih melalui prosedur / mekanisme yang jelas ? Link
2 Dokumen Rencana Pembangunan Zona Integritas (1) 1.0
a Apakah ada dokumen rencana kerja pembangunan zona integritas menuhu wbk/wbbm Link
b Apakah dalam dokumen pembangunan terdapat target target prioritas yang relevan dengan tujuan pembangunan WBK/WBBM? Link
c Apakah terdapat mekanisme atau media untuk mensosialisasikan pembangunan WBK/WBBM Link
3 Pemantauan dan Evaluasi Pembangunan WBK/WBBM (2) 2.0
a Apakah seluruh kegiatan pembangunan sudah dilaksanakan sesuai dengan rencana? Link
b Terdapat monitoring dan evaluasi terhadap pembangunan zona integritas Link
c Apakah hasil monitoring dan evaluasi telah ditindak lanjuti Link
4 Perubahan pola pikir dan budaya kerja (1) 1.0
a Apakah pimpinan berperan sebagai role model dalam pelaksanaan pembangunan WBK/WBBM? Link
b Apakah sudah di tetapkan agen perubahan Link
c Apakah telah dibangun budaya kerja dan pola pikir di lingkungkan organisasi ? Link
d Apakah Anggota organisasi terlibat dalam pembangunan Zona Integritas menuju WBK/WBBM? Link
II PENATAAN TATA LAKSANA (5) 5.0
1 Prosedur operasional tetap (SOP) kegiatan utama(1,5) 1.5
a Apakah SOP mengacu pada peta proses bisnis instansi Link
b Prosedur operasional tetap (SOP) telah di terapkan Link
c Prosedur operasional tetap (SOP) telah di evakuasi Link
2 E-Office (2) 2.0
a Apakah sistem pengukuran kinerja unit sudah menggunakan teknologi informasi Link
b Apakah operasionalisasi manajemen SDM sudah menggunakan teknologi informasi Link
c Apakah pemberian pelayanan kepada publik sudah menggunakan teknologi informasi ? Link
d Apakah telah dilakukan monitoring dan evaluasi terhadap pemanfaatan teknologi informasi dalam pengukuran kinerja unit, operasionalisasi SDM, dan pemberi layanan kepada publik ? Link
3 Keterbukaan informasi publik (1,5) 1.5
a kebijakan tentang keterbukaan informasi publik telah di terapkan  Link
b melakukakan monitoring dan evaluasi peaksanaan kebijakan keterbukaan informasi publik Link
III PENATAAN SISTEM MANAJEMEN SDM (15) 15.0
1 Perencanaan kebutuhan pegawai sesuai dengan kebutuhan organisasi (2) 2.0
a Apakah kebutuhabn pegawai yang di susun oleh unit kerja mengacu kepada peta jabatan dan hasil analisis beban kerja untuk masing masing jabatan ?  Link
b Apakah penempatan pegawai hasil rekrutmen murni mengacau kepada kebutuhan pegawai yang telah disusun perjabatan ? Link
c Apakah telah dilakukan monitoring dan evaluasi terhadap penempatan pegawai rekrutmen untuk memenuhi kebutuhan jabatan dalam organisasi telah memberikan terhadap kinierja unit kerja ? Link
2 Pola Mutasi Internal (2) 2.0
a Dalam melakukan pengembangan karier pegawai apakah telah dilakukakn mutasi pegawai antar jabatan Link
b Apakah dalam melakukan mutasi pegawai antar jabatan telah memperhatikan kompetensi jabatan dan mengikuti pola mutasi yang tekah ditetapkan ?  Link
c Apakah telah dilakukan monitoring dan evaluasi terhadap kegiatan mutasi yang telah dilakukan dalam kaitannya dengan perbaikan kinerja Link
3 Pengembangan pegawai berbasis kompetensi (3) 3.0
a Apakah unit kerja melakukan Training Need Analysis untuk pengembangan kompetensi ? Link
b Dalam menyusun rencana pengembangan kompetensi pegawai, apakah mempertimbangkan hasil pengelolaan kinerja pegawai Link
c Presentase kesenjangan kompetensi pegawai yang ada dengan standar kompetensi yang ditetapkan untuk masing-masing jabatan Link
d Pegawai unit kerja telah memperoleh kesempatan/hak untuk mengikuti diklat maupun pengembangan kompetensi lainnya Link
e Dalam pelaksanaan pengembangan kompetensi, apakah unit kerja melakukan upaya pengembangan kompetensi kepada pegawai (dapat melalui pengikutsertaan pada lembaga pelatihan, in-house training, atau melalui coaching, atau mentoring, dll) ? Link
f Apakah telah dilakukan monitoring dan evaluasi terhadap hasil pengembangan kompetensi dalam kaitannya  Link
4 Penetapan Kinerja individu 4.0
a Terdapat penetapan kinerja individu yang terkait dengan kinerja organisasi Link
b Ukuran kinerja individu telah memiliki kesesuaian dengan indikator kinerja individu level diatasnya Link
c Pengukuran kinerja individu dilakukan secara periodik Link
d Hasil penilaian kinerja individu telah dijadikan dasar untuk pemberian reward (pengembangan karir individu, penghargaan dll). Link
5 Penegakan aturan disiplin/kode etik/kode perilaku 3.0
a Aturan disiplin/kode etik/kode perilaku telah dilaksanakan/diimpplementasikan Link
6 Sistem Informasi Kepegawaian (1) Link
IV PENGUATAN AKUNTABILITAS (10) 10.0
1 Keterlibatan Pimpinan (5) 5.0
a Apakah pimpinan terlibat secara langsung pada saat penyusunan perencanaan Link
b Apakah pimpinan terlibat secara langsung pada saat penyusunan penetapan kinerja Link
c Apakah pimpinan memantau pencapaian kinerja secara berkala Link
2 Pengelolaan Akuntabilitas Kinerja (5) 5.0
a Apakah dokumen perencanaan sudah ada Link
b Apakah dokumen perencanaan telah berorientasi hasil Link
c Apakah terdapat indikator kinerja utama Link
d Apakah Indikator kinerja telah SMART Link
e Apakah laporan kinerja telah disusun tepat waktu Link
f Apakah pelaporan kinerja telah memberikan informasi tentang kinerja Link
g Apakah terdapat upaya peningkatan kapasitas SDM yang menangani akuntabilitas kinerja Link
h Pengelolaan akuntabilitas kinerja dilaksanakan oleh SDM yang kompeten Link
V PENGUATAN PENGAWASAN (15) 15.0
1 Pengendalian Gratifikasi (3) 3.0
a Telah dilakukakn pubic campaign tentang pengendalian gratifikasi Link
b Pengendalian gratifikasi telah di implementasikan Link
2 Penetapan SIPP (3) 3.0
a Telah dibangun lingkungan pengendalian Link
b Telah dilakukan penilaian resiko atas pelaksanaan kebijakan Link
c Telah dilakukan kegiatan pengendalian untuk meminimalisir risiko yang telah diidentifikasi Link
3 Pengaduan Masyarakat (3) 3.0
a Kebijakan pengaduan masyarakat telah diimplemengtasikan Link
b Hasil penanganan pengaduan masyarakat telah tindaklanjuti Link
c Telah dilakukan monitoring dan evaluasi atas penanganan pengaduan masyarakat Link
d Hasil evaluasi atas penganan pengaduan masyarakat telah ditindaklanjuti Link
4 Whistle-Blowing System(3) 3.0
a Apakah Whistle Blowing System sudah di internalisasi Link
b Whistle Blowing System telah di terapkan Link
c Telah dilakukan evaluasi atas penerapan Whistle Blowing System  Link
d Hasil Evaluasi Atas Penerapan Whistel Blowing System Link
5 Penanganan Benturan Kepentingan (3) 3.0
a Telah terdapat identifikasi /pemetaaan benturan keppentingan dalam tugas fungsi utama Link
b Penganan Benturan kepentingan telah disosialisasikan/ internalisasi Link
C Penanganan Benturan Kepentingan telah diimplementasikan Link
d Telah dilakukan evaluasi atas penanganan benturan kepentingan Link
e Hasil evaluasi penanganan benturan kepentingan telah ditindaklanjuti Link
VI PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK (10) 10.0
1 Standar Pelayanan (3) 3.0
a Terdapat kebijakan standar pelayanan Link
b Standar pelayanan telah dimaklumkan Link
c Terdapat SOP bagi pelaksanaan standar pelayanan Link
d Dilakukan reviu dan perbaikan atas standar pelayanan dan SOP Link
2 Budaya Pelayanan Prima (3) 3.0
a Telah dilakukan sosialisasi/pelatihan dalam upaya penerapan Budaya pelayanan prima Link
b Informasi tentang pelayanan mudah diakses melalui berbagai media Link
c Telah terdapat sistem punishment (sanksi)/reward bagi pelaksana layanan serta pemberian kompensisasi kepada penerima layanan bila layanan tidak sesuai standar Link
d Telah terdapat sarana layanan terpadu/terintegrasi Link
e Terdapat inovasi pelayanan Link
f Link
3 Penilaian Kepuasan terhadap pelayanan (4) 4.0
a Dilakukakn survey kepuasan masyarakat terhadap pelayanan Link
b Hasil survey kepuasan masyarakat dapat diakses secara terbuka Link
c Dilakukan tindak lanjut atas hasil survey kepuasan masyarakat Link
TOTAL PENGUNGKIT 60.0
B Hasil (40)
I PEMERINTAH YANG BERSIH DAN BEBAS KKN (20) 20.0
1 Nilai Survey Persepsi Korupsi (Survei Eksternal) (15) 15.0 Link
2 Presentase temuan hasil pemeriksaan (internal dan eksternal) yang ditindaklanjuti (5) 5.0 Link
II KUALITAS PELAYANAN PUBLIK (20)
20.0
1 Nilai Persepsi kualitas pelayanan (survei eksternal)(20) 20.0 Link
TOTAL HASIL 40.0
NILAI EVALUASI REFORMASI BIROKRASI